Bisnis Plan "Tahu Crispy" Kelompok 4
MAKALAH BISNIS PLAN
“TAHU CRISPY”
Disusun Oleh :
KELOMPOK 4
1. DINA MUHARYATI (20220469)
2. KURNIAWATI (20220824)
3. RULLY SALWA SALSABILLAH (21220454)
KELAS 1EB12
PROGRAM STUDI AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2020
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala petunjuk dan karunianya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah ini dengan judul “Tahu Crispy”.
Dan harapan kami semoga makalah “Tahu Crispy” ini dapat menambah pengetahuan bagi para pembaca, serta untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah ini agar menjadi lebih baik lagi.
Jika ada kesalahan dan kekurangan dalam proses penyusunan makalah “Tahu Crispy” kami mohon maaf, hal tersebut karena keterbatasan pengetahuan kami. Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
Bekasi, 26 Oktober 2020
Penulis
1. Latar Belakang
Akhir-akhir ini, bisnis kuliner memang sedang merajalela, peluang usaha tersebut bisa kita manfaatkan dengan baik. Banyak produk-produk makanan baru yang bermunculan, yang dikemas sekreatif mungkin sehingga mampu menarik minat para pembeli. Salah satunya adalah makanan yang sering ditemui di kehidupan sehari-hari, yaitu tahu.
Tahu adalah makanan yang terbuat dari kacang kedelai yang mengandung protein nabati yang baik untuk kesehatan. Sekarang ini, jarang sekali orang-orang yang menyukai makanan yang terbuat dari kacang kedelai seperti tahu. Umumnya masyarakat jenuh dengan tahu yang dimasak hanya dengan di goreng seadanya. Namun, tahu juga dapat membuat masyarakat kembali menyukainya dengan mengolah tahu dengan aneka kreasi Hal ini karena, penampilan dan rasanya yang biasa-biasa saja atau kurang begitu menarik dalam penyediaannya.
Banyak orang yang mulai mempunyai ide dengan menciptakan produk makanan yang diberi nama “Tahu Crispy” dengan alasan untuk memberikan rasa kecintaan kepada masyarakat mengenai tahu agar dapat memakan dan menyukai makanan yang enak ini. Dengan memberikan rasa yang menarik serta unik, diberikan balutan yang kriuk kriuk dan tentu memiliki cita rasa yang lezat. Kami berharap dengan adanya inovasi makanan tahu ini, semua kalangan menyukai tahu.
2. Visi dan Misi
Visi :
· Menciptakan usaha tahu crispy yang sukses
Misi:
· Memberikan kualitas yang baik dan terus berinovasi
· Memberikan harga produk yang terjangkau oleh masyarakat
· Memberikan cita rasa tahu crispy terbaik
· Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan
3. Gambaran Produk
Bisnis tahu crispy menjual tahu crispy sebagai menu andalan. Selain itu, ada pula beberapa menu lainnya seperti jamur crispy. Ini beberapa gambar untuk tahu crispy
1. Rencana Usaha
a. Persiapan
Dalam usaha tahu crispy bahan baku berupa tahu dan bahan lainnya dibeli di pasar setiap harinya, agar tetap fresh dan tidak terlalu lama disimpan. Jam operasional mulai dari pukul 10 pagi hingga pukul 6 sore setiap harinya.
b. Strategi Pemasaran
Agar tahu crispy menjadi lebih banyak penggemar, akan ada promo potongan harga sebesar 20% dengan minimal pembelian sebesar Rp 10.000 setiap hari jumat. Selain itu, ada pula akun sosial media khusus untuk melakukan promosi seperti facebook dan instagram yang berisi informasi promo dan konten-konten viral untuk menarik minat calon pelanggan.
c. 4p : Product, Price, Place, Promotion
· Product
Tahu Crispy
· Price
Sesuai dengan misi yang saya tuliskan, yang memberikan harga produk yang terjangkau oleh masyarakat. Maka harga tahu crispy Rp 2.000/pc. Ini lumayan terjangkau untuk harga tahu crispy. Dan ada potongan harga sebesar 20% setiap pembelian minimal Rp 10.000 setiap pembelian di hari jumat.
· Place
Penjualan di depan rumah, pinggir jalan, ataupun di ruko dengan menggunakan gerobak alumunium.
· Promotion
Promosi Penjualan
- Potongan harga sebesar 20% (setiap hari jumat)
- Promosi Iklan
- Baner di depan gerobak
- Promosi di akun social media
d. Rencana anggaran
· Biaya Peralatan
Nama | Harga |
Gerobak Tahu | Rp 2.000.000 |
Tungku | Rp 100.000 |
Kompor gas | Rp 300.000 |
Penggorengan | Rp 150.000 |
Tabung Gas | Rp 150.000 |
Biaya Lainnya | Rp 1.300.000 |
Total | Rp 4.000.000 |
· Biaya Operasional
Nama | Harga |
Tahu Putih | Rp 300.000 |
Tepung Terigu | Rp 160.000 |
Baking Powder | Rp 100.000 |
Tepung Beras | Rp 140.000 |
Gula pasir | Rp 50.000 |
Garam | Rp 20.000 |
Tepung Bumbu | Rp 100.000 |
Bumbu Perasa | Rp 130.000 |
Biaya Bulanan (air dan listrik) | Rp 400.000 |
Biaya Lainnya | Rp 600.000 |
Total | Rp 2.000.000 |
e. Sumber anggaran
Modal pribadi sebesar Rp 7.000.000
f. Struktur Organisasi
· Manager : Dina Muharyati
· Bendahara : Kurniawati
· Pemasaran : Rully Salwa Salsabillah
2. Penutup
Kesimpulan
Ada banyak kelebihan yang dimiliki dari usaha yang satu ini. Salah satu kelebihan dari usaha penjualan makanan ini adalah kebutuhan modal yang tidak terlalu besar. Hanya perlu menyiapkan peralatan masak, dan kursi. Bahan baku yang dibutuhkan dalam usaha tahu crispy juga tidak terlalu mahal. Semua dapat Anda peroleh dengan mudah di pasar tradisional. Selain modal yang kecil, usaha penjualan makanan ini memiliki waktu yang fleksibel.
Saran
Saat ini beragam inovasi makanan terus berdatangan dan beredar dipasaran, baik makanan tradisional maupun makanan berbasis modern. Untuk saat ini, lebih seringlah untuk membuat inovasi maknan yang kreatif dan unik, tentunya mampu bersaing dipasaran untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen.
Referensi
https://qwords.com/blog/contoh-bisnis-plan/
https://www.coursehero.com/file/13721458/makalah-kewirausahaan-Tahu-Crispy/
https://www.tahugo.co.id/kemitraan-tahu-crispy-tahu-go-di-tasikmalaya-hub-081-74-75-76-77/
https://www.piknikdong.com/resep-tahu-crispy-sederhana.html
https://jualusaha.id/cgi-sys/suspendedpage.cgi
Komentar
Posting Komentar