Tugas 6_20220824_Kurniawati_1EB12_PKTI1A Perangkat Input dan Output Komputer
TUGAS PERANGKAT KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1A
PERANGKAT INPUT DAN OUPUT
Disusun Oleh :
Nama : Kurniawati
Kelas : 1EB12
NPM : 20220824
FAKULTAS EKONOMI PROGRAM STUDI AKUNTANSI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2020
Soal :
1.
Sebutkan Peralatan
Input komputer (minimal 4 bh) dan contoh gambar nya masing masing!
2.
Sebutkan Peralatan
output komputer (minimal 4bh) dan contoh gambar nya masing masing!
Jawab :
1.
Perangkat input komputer
Input
adalah suatu kata dalam bahasa Inggris yang memiliki arti “memasukkan”.
Sehingga perangkat input dalam komputer memiliki makna sebagai perangkat yang
berfungsi untuk memasukkan perintah pada komputer atau perangkat masukan yang
memberi perintah langsung berupa informasi digital pada pengguna. Benda ini
dapat dilihat dan diraba, bukan seperti perangkat lunak komputer yang sifatnya
tidak dapat diraba karena b erupa dua dimensi.
Contoh
perangkat input komputer :
a. Keyboard atau papan ketik
Keyboard atau yang sering disebut sebagai papan ketik, adalah salah satu perangkat masukan yang juga paling banyak digunakan oleh para pengguna komputer. Bentuk keyboar adalah seperti papan ketik biasa dengan berbagai tombol diatasnya. Dengan menggunakan keyboard kita bisa membuat teks, laporan dan sejenisnya. Untuk huruf terdapat huruf A sama Z, sedangkan angka terdapat angka 0 sampai 9. Selain itu kita dapat memasukkan tanda baca (koma, titik, perintah, dan juga tanya), simbol (garis miring, titik dua, kurung, persen, pagar, bintang, tanda kutip dan lain sebagainya. Keyboar mengalami pengembangan beberapa kali sehingga terdapat berbagai macam varian port, seperti port serial, PS/2, wireless dan USB.
b. Mouse
Mouse adalah perangkat masukan yang berfungsi untuk menggerakkan cursor pada komputer. Mouse biasa disebut sebagai tikus dalam bahasa Indonesia. Karena bentuk mouse dan kabelnya seperti ekor tikus yang memanjang. Penemu mouse komputer pertama kali adalah Douglas Engelbart pada tahun 1963. Masukan yang dilakukan oleh sebuah mouse pada komputer adalah menggeser kursor dan melakukan scroll atau menaik turunkan halaman pada komputer. Sedangkan berbagai fungsi mouse adalah memilih objek, melakukan drag and drop, melakukan eksekusi program dan melakukan scrool.
c.
Light pen atau pena cahaya
Light pen atau sering disebut pena cahaya adalah sejenis piranti layar sentuh sebagai pengganti jari tangan. Sebagai salah satu perangkat input pada komputer, light pen sering dipakai untuk keperluan grafis, atau menggambar.
Bentuknya sangat portable seperti pulpen dan bisa mengeluarkan sensor cahaya saat ujung pena digoreskan pada layar monitor. Jadi kita dapat menulis atau menggambar dengan mudah. Layar monitor mampu merekam tiap baris per detik sebanyak 6 sinyal elektronik. Monitor yang dapat menerima sinyal cahaya dari light pen bukanlah monitor sembarangan, melainkan monitor yang mempunyai kabel penghubung, contohnya Notebook Sharp. Pemakaian light pen digunakan untuk program tertentu seperti Computer Aided Design (CAD) atau Computer Aided Manufacturing (CAM).
d.
Touchpad (Bantalan Sentuh)
Touchpad
adalah salah satu perangkat input yang bekerja layaknya mouse, yaitu sebagai
petunjuk pointer atau kursor. Bedanya, mouse tergolong portable divice yang
dapat dipasang dan dilepas. Biasanya touchpad terletak dibagian paling depan
sebelum keyboard pada sebuah laptop yang sudah terpasang permanen. Cara menggunakannya
hanya dengan menggerakkan jari pada permukaan touchpad.
e. Scanner
Scanner memiliki fungsi untuk menampilkan atau mencopy teks atau gambar melalui layar monitor dan dapat disimpan berupa file. Hasil copyannya sangat mirip mulai dari warna dan bentuk. Untuk ukuran bisa diedit sesuai dengan kebutuhan. Scanner saat ini fungsinya bisa merangkap sebagai mesin fotocopy dan printer.
f.
Barcode Reader
Barcode
sering kita jumpai dikemasan produk-produk yang diperjual belikan dipasaran.
Ada alat khusus untuk membaca data pada barcode. Piranti ini termasuk dalam
perangkat input komputer. Data pada barcode yaitu berupa kumpulan data optik
atau berbentuk kode batang atau simbologi linerar (1D).
Piranti satu ini biasanya ada di toko swalayan untuk mentranskripsi kode batang barcode sutau produk. Alat barcode memudahkan tugas manusia agar lebih efektif, efisien dalam bekerja. Sehingga pelayanan ditoko pun menjadi lebih cepat.
g. Trackball
Trackball merupakan benda kecil bulat yang dapat digerakkan keatas kebawah. Benda ini terdapat pada mouse, biasanya terletak ditengah atas. Fungsinya untuk menggerakkan layar secara vertikal(naik/turun). Trackball memudahkan pengguna dalam menggeser atau memindahkan halaman.
h. Joystick
Joystic merupakan perangkat keras berbentuk seperti tuas gigi mobil atau seperti stick konsol yang memiliki banyak tombol di dalamnya. Perangkat ini digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
i. CD (Compact Disc)
CD atau Compact Disc adalah perangkat yang berfungsi sebagai media penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik yang terbuat dari bahan plastik dan berbentuk lingkaran pipih dengan lubang kecil pada bagian tengah.
j.
Flashdisk
Flashdisk adalah perangkat yang berfungsi sebagai media penyimpanan data dengan ukuran kapasitas tertentu. Besar kapasitas flashdisk bervariasi, mulai dari 512MB, 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, hingga 32GB.
f.
Web cam
Web cam adalah sebutan untuk kamera yang terpasang pada komputer atau laptop.
Letaknya bisa menempel pada unit laptop, tapi biasanya pada komputer pribadi
(PC) letak web cam terletak
terpisah dan bisa dipindah tempat. Sekarang ini web cam tersedia dalam berbagai jenis, diantaranya
adalah serial and parallel port
web cam, firewire and card
based web cam, USB web cam, network and wireless web cam. Fungsi
dari web cam cukup
banyak, diantaranya adalah sebagai sarana berkomunikasi tatap muka hingga
sarana konferensi jarak jauh.
g.
Kamera
digital
Kamera digital adalah perangkat yang ada pada laptop berupa kamera kecil yang
terpasang didekat monitor bagian atas. Bisa juga berapa kamera portable yang
dapat terhubung ke komputer dengan kabel. Kamera ini bisa mengambil foto maupun
video, dan menyimpannya didalam perangkat komputer atau laptop. Kamera ini dapat mengabadikan momen sehari – hari, bisa
berbentuk foto atau pun video. untuk kualitas fotonya tergantu pixel yang ada
pada kamera tersebut, semangkin tinggil pixel yang didapat semakin bagus
kualiats foto yang ada. Gambar disimpan memlalui memori kamera, yang nantinya
dapat dipindahkan / ditampilkan pada layar monitor.
h.
Graphics Pad
Graphics pad merupakan perangkat keras yang
dipakai untuk menggambar sketsa. Alat ini dapat memungkinkan pemakainya
menggambar dengan tangan layaknya menulis atau menggambar memakai kertas. Jika
menulis diatas kertas menggunakan pensil atau pena, piranti ini menggunakan
perangkat khusus yang dinamakan light pen.
2.
Perangkat Output Komputer
Output
berarti “luar” jadi perangkat output adalah pirantu pada komputer yang dapat
menghasilkan atau menampilkan keluaran (output) dari hasil pengolahan data.
Data diolah oleh komputer lalu dikeluarkan berupa produk. Alat yang mampu
menghasilkan produk dari olahan data komputer inilah yang disebut perangkat
output. Produk itu bisa berapa suara, video, cetakan (hardcopy), teks, gambar,
foto dan sebagainya. Berikut ini adalah contoh alat-alat output.
a. Monitor
Monitor
adalah salah satu perangkat output yang pertama dan sangat viral bagi komputer
yang berupa sinyal elektronik sehingga menghasilkan gambar. Perangkat ini
berfungsi untuk menampilkan data berupa teks, gambar, dan video. Monitor
terdiri dari sirkuit, catu daya, tombol untuk menyesuaikan pengaturan layar,
serta casing yang menampung semua komponen tersebut. Saat ini monitor
diproduksi dalam bentuk yang tipis dan memiliki berbagai macam ukuran.
b. Printer
Printer
merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk mencetak data dari komputer, baik
berupa teks ataupun gambar maupun foto yang dicetak diatas kertas yang
diselipkan. Printer memiliki beberapa tipe, tapi yang paling umum digunakan
untuk komputer adalah tipe Laser dan InkJet.
c. Speaker
Speaker
adalah perangkat yang terhubung pada komputer dan berfungsi sebagai penghasil
suara. Sinyal yang digunakan untuk menghasilkan suara yang berasal dari speaker
dibuat oleh kartu suara komputer. Speaker cocok digunakan ketika ada acara
besar atau ingin menikmati musik kencang agar gelombang suara mencapai
ketelinga pendegar, walaupun dengan jarak beberapa meter dari sumber suara.
d. Headphone
atau earphone
Headphone atau earphone merupakan perangkaat yang menghasilkan suara untuk mendengarkan audio secara pribadi setelah dihubungkan pada speaker. Headphone atau earphone memiiki fungsi yang sama tapi bentuk yang berbeda. Headphone berbentuk besar dengan earpad yang menutup seluruh telinga, sedangkan earphone bentuknya kecil dan hanya menutupi lubang telinga saja.
e. Proyektor
Proyektor adalah perangkat yang digunakan untuk mengambil gambar yang dihasilkan oleh komputer atau pemutar Blu-ray. Gambar tersebut kemudian ditampilkan pada permukaan datar didepannya, seperti layar atau dinding. Perangkat ini biasa digunakan untuk menampilkan gambar diam (slide) maupun gambar bergerak (video) pada layar besar sehingga bisa dinikmati oleh banyak orang sekaligus.
f. Plotter
Plotter
adalah perangkat yang memiliki fungsi mirip dengan printer, yaitu untuk
mencetak grafik vektor. Perangkat ini menggunakan spidol, pensil, pena, atau
alat tulis lainnya untuk menggambar banyak garis ke atas kertas daripada
serangkaian titik seperti printer tradisional.
g. Sound
card
Sound card atau kartu suara adalah kartu ekspansi yang berfungsi menghasilkan suara dari komputer sehingga dapat didengar melalui speaker atau headphone. Sebenarnya komputer tidak selalu membutuhkan sound card, tapi perangkat ini selalu disertakan padaa setiap mesin dalam satu bentuk atau bentuk lainnya, baik dalam slot ekspansi atau terpasang pada motherboard.
h. VGA
Card (Virtual Graphic Array)
VGA Card atau Virtual Graphic Array merupakan suatu perangkat keras komputer yang dipakai untuk mengolah sekaligus menerjemah output kedalam monitor. VGA car berfungsi untuk mengubah sinyal digital yang dihasilkan oleh komputer menjadi tampilan grafik lewat monitor. komputer yang tidak mempunyai VGA, biasanya tampilan layar akan menjadi kurang bagus atau tidak menarik. Penggunaan VGA lebih mengarah kepada hal yang berkaitan dengan grafis, seperti desain 3D maupun gaming. Beberapa perusahaan yang mengasilkan VGA: NVidia, 3DFX, S3, ATi Matrox, SiS, Cirrus Logic, Tseng, Trident dan yang lainnya.
Referensi
https://salamadian.com/perangkat-input-dan-output-komputer/
https://www.yuksinau.id/komponen-komputer/
https://qwords.com/blog/perangkat-input/
https://baenananaz.wordpress.com/2016/09/05/komponen-perangkat-input-dan-output-pada-komputer-3-2/
Komentar
Posting Komentar